Kamis, 16 Juni 2011

Pemantauan Kualitas Air Dimadura

Pengendalian pencemaran air di wilayah kerja UPT PSDAWS Madura. Kegiatan ini dilakukan dengan maksud tercapainya peruntukan dan baku mutu air sesuai dengan golongan yang telah ditetapkan. Pengendalian pencemaran air dilakukan dengan mengambil air pada tiap titik secara rutin bulanan guna tercapainya peruntukan dan baku mutu air sesuai dengan golongan yang telah ditetapkan. Dengan meningkatnya kegiatan manusia, akan meningkat pula kebutuhan akan air yang cenderung meningkatkan pada jumlah dan kandungan limbah yang dibuang, wadah air yang ada terutama sungai, danau dan waduk, saat ini yang masih merupakan tempat pembuangan air limbah, baik limbah padat maupun limpah cair yang sudah diolah maupun yang belum, sudah barang tentu menurunkan kualitas air, jika tingkat pencemaran sudah melampaui daya dukung atau daya lenting kadar air untuk terjadinya proses pemurnian sendiri maka akan mengakibatkan dampak serius terhadap kesehatan manusia dan keseimbangan ekosistem.
Didalam pengembangan pengelolaan air dan sumber-sumber, sangat dibutuhkan adanya data dengan periode waktu yang cukup panjang, baik menyangkut kuantitas air maupun kualitas air, untuk melindungi kepentingan pengguna air yang bermacam-macam tersebut serta untuk pelestarian sumber-sumber air, maka perlu diadakan pemantauan kualitas air yang berkelanjutan agar terhindar dari pencemaran yang sangat tidak diharapkan.
a.    Monitoring kualitas air
Monitoring kualitas air badan air (ABA) pada sungai-sungai saluran pembuang dan saluran irigasi di wilayah sungai Madura ditinjau dari parameter BOD, COD, DO temperatur, PH, TSS dan kekeruhan serta berdasarkan pada penggolongan dan baku mutu air di Jawa Timur, sebagian masih tercemar akibat limbah domestik sedangkan sebagian sudah dapat menunjang penyediaan air baku dengan kualitas sebagaimana yang disyaratkan
b.    Publikasi data kualitas air
Publikasi data kualitas air dibuat sesuai hasil pantauan kualitas air secara rutine bulanan dilakukan untuk memperoleh pedoman kerja dalam melaksanakan sehari-hari pengendalian kualitas air pada sumber-sumber di wilayah UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Madura.
Tujuan adalah sebagai petunjuk untuk mendapatkan data kualitas air pada sumber-sumber air dan sumber pencemaran sehingga dapat memberikan informasi teknis dalam rangka pelaksanaan pengendalian masuknya beban pencemaran kedalam wadah-wadah air.
Titik pantau kualitas air di wilayah BPSDAWS Madura adalah :
-    Kali Semajid Kab. Pamekasan             :    2    titik pantau.
-    Kali Kemuning Kab. Sampang             :    2    titik pantau
-    Kali Klampis Kab. Sampang                :    1    titik pantau
-    Kali Panyiburan Kab. Sampang            :    1    titik pantau
-    Kali Blega Kab. Bangkalan                   :    1    titik pantau
-    Kali Sumber Pocong Kab. Bangkalan    :    1    titik pantau
-    Kali Bangkalan Kab. Bangkalan             :    2    titik pantau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar