RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Mts. Bustanul-Ulum
Mata Pelajaran : IPS-Geografi
Kelas/Semester : VII/2
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
Kompetensi Dasar : 4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator : ● Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian- bagiannya.
● Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan, air tanah, dan manfaatnya.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
- Mendeskripsikan pengertian siklus hidrologi dengan benar.
- Menjelaskan tiga macam siklus hidrologi dengan benar.
- Mendeskripsikan pengertian air permukaan dengan benar.
- Menjelskan empat bentuk air permukaan dengan benar.
- Mendeskripsikan lima manfaat air permukaan dengan benar.
- Mendeskripsikan pengertian air tanah dengan benar.
- Menjelaskan dua bentuk air tanah berdasarkan letaknya dengan benar.
- Mendeskripsikan manfaat air tanah dengan benar.
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Pengertian siklus hidrologi.
- Macam-macam siklus hidrologi.
- Pengertian air permukaan.
- Bentuk-bentuk air permukaan.
- Manfaat air permukaan.
- Pengertian air tanah.
- Bentuk-bentuk air tanah berdasarkan letaknya.
- Manfaat air tanah.
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
- Metode Pembelajaran : - Ceramah, dan Tanya jawab.
- Model Pembelajaran : - Word Square.
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
- Kegiatan awal (20 menit).
- Kegiatan PembelajaranWaktu
GuruSiswa- Mengucapkan salam.
- Menjawab salam.
1 Menit- Meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
- Ketua kelas memimpin doa.
1 Menit- Menanyakan siswa yang tidak hadir.
- Menyebut nama siswa yang tidak hadir.
1 Menit- Mengingatkan materi minggu lalu tentang angin.
- Memperhatikan.
2 Menit- Menanyakan tugas individu berupa jenis angin sekaligus meminta mengumpulkannya.
- Menjawab sekaligus mengumpulkan tugas individu.
2 Menit- Memberikan prates.
- Mengerjakan prates.
5 Menit- Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
- Mendengarkan sekaligus mencatat hal-hal penting.
4 Menit
- Memberikan motivasi dengan bertanya “Apa yang kalian ketahui tentang pengertian siklus hidrologi”.
- Mendengarkan sekaligus
menjawab pertanyaan.2 Menit- Menyampaikan arahan tugas berupa model word square dalam bentuk individu.
- Memperhatikan.
2 Menit
2.2. Kegiatan Inti (45 menit )
- Kegiatan PemebelajaranWaktuGuruSiswa
- Menjelaskan materi tentang Siklus hidrologi, jenis-jenis air permukaan dan air tanah.
- Mendengarkan sekaligus mencatat poin-poin penting.
15 Menit- Membagikan lembar kegiatan berupa soal dan lembaran jawaban kepada masing-masing individu.
- Menerima lembar kegiatan soal dan jawaban.
5 Menit- Menyuruh siswa untuk mengerjakan soal sesuai dengan petunjuk.
- Mengerjakan.
20 Menit- Memberikan point pada setiap jawaban dalam kotak.
- Memperhatikan.
5 Menit
3.3. 3. Kegiatan Penutup (15 menit)
- Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Guru
Siswa- Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya tentang materi Siklus Hidrologi, bentuk-bentuk Air Permukaan dan Air Tanah serta pemanfaatannya.
- Bertanya tentang materi yang belum di mengerti.
5 menit- Memberikan rangkuman tentang tentang materi Siklus Hidrologi, bentuk-bentuk Air Permukaan dan Air Tanah serta pemanfaatannya.
- Mendengarkan sekaligus mencatatat hal-hal penting.
3 Menit- Memberikan pascates
- Mengerjakan pascatest.
5 Menit- Memberikan tugas individu berupa kliping tentang gambar siklus hidrologi.
- Memperhatikan.
1 Menit- Mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
- Menjawab salam.
1 Menit
E. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media Pembelajaran : - Gambar.
- Siklus hidrologi (siklus air).
- Siklus pendek.
- Siklus sedang.
- Siklus panjang.
- Air permukaan.
- Sungai.
- Danau.
- Rawa.
- - Alat
- Soal word square.
- Kotak jawaban word square. 2. Sumber Pembelajaran : - Sugiharyanto. 2007. Geografi dan Sosiologi SMP Kelas VII. Bogor: Yudhistira.
- Ginting. 2006. IPS Geografi untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
- Kusmiati. 2007. Sosiologi dan Geografi SMP Kelas VII. Jakarta: Yudhistira.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar