Minggu, 19 Juni 2011

Contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajara)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Mts. Bustanul-Ulum
Mata Pelajaran : IPS-Geografi
Kelas/Semester : VII/2
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
Kompetensi Dasar : 4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator                  : Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian- bagiannya.
                                 ● Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan, air tanah, dan manfaatnya.
Alokasi Waktu         : 2 x 40 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
  1. Mendeskripsikan pengertian siklus hidrologi dengan benar.
  2. Menjelaskan tiga macam siklus hidrologi dengan benar.
  3. Mendeskripsikan pengertian air permukaan dengan benar.
  4. Menjelskan empat bentuk air permukaan dengan benar.
  5. Mendeskripsikan lima manfaat air permukaan dengan benar.
  6. Mendeskripsikan pengertian air tanah dengan benar.
  7. Menjelaskan dua bentuk air tanah berdasarkan letaknya dengan benar.
  8. Mendeskripsikan manfaat air tanah dengan benar.
B. MATERI PEMBELAJARAN
  1. Pengertian siklus hidrologi.
  2. Macam-macam siklus hidrologi.
  3. Pengertian air permukaan.
  4. Bentuk-bentuk air permukaan.
  5. Manfaat air permukaan.
  6. Pengertian air tanah.
  7. Bentuk-bentuk air tanah berdasarkan letaknya.
  8. Manfaat air tanah.
C. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
    1. Metode Pembelajaran : - Ceramah, dan Tanya jawab.
    2. Model Pembelajaran : - Word Square.
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
  1. Kegiatan awal (20 menit).
 
Kegiatan Pembelajaran
Waktu


Guru
Siswa
  • Mengucapkan salam.
  • Menjawab salam.
1 Menit
  • Meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
  • Ketua kelas memimpin doa.
1 Menit
  • Menanyakan siswa yang tidak hadir.
  • Menyebut nama siswa yang tidak hadir.
1 Menit
  • Mengingatkan materi minggu lalu tentang angin.
  • Memperhatikan.

2 Menit
  • Menanyakan tugas individu berupa jenis angin sekaligus meminta mengumpulkannya.
  • Menjawab sekaligus mengumpulkan tugas individu.
2 Menit
  • Memberikan prates.
  • Mengerjakan prates.

5 Menit
  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
  • Mendengarkan sekaligus mencatat hal-hal penting.

4 Menit
  • Memberikan motivasi dengan bertanya “Apa yang kalian ketahui tentang pengertian siklus hidrologi”.
  • Mendengarkan sekaligus
menjawab pertanyaan.
2 Menit
  • Menyampaikan arahan tugas berupa model word square dalam bentuk individu.
  • Memperhatikan.

2 Menit
2.2.  Kegiatan Inti (45 menit ) 
Kegiatan Pemebelajaran
Waktu
Guru
Siswa

  • Menjelaskan materi tentang Siklus hidrologi, jenis-jenis air permukaan dan air tanah.
  • Mendengarkan sekaligus mencatat poin-poin penting.
15 Menit
  • Membagikan lembar kegiatan berupa soal dan lembaran jawaban kepada masing-masing individu.
  • Menerima lembar kegiatan soal dan jawaban.
5 Menit
  • Menyuruh siswa untuk mengerjakan soal sesuai dengan petunjuk.
  • Mengerjakan.
20 Menit
  • Memberikan point pada setiap jawaban dalam kotak.
  • Memperhatikan.
5 Menit
3.3. 3. Kegiatan Penutup (15 menit)
Kegiatan Pembelajaran

Waktu


Guru

Siswa
  • Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya tentang materi Siklus Hidrologi, bentuk-bentuk Air Permukaan dan Air Tanah serta pemanfaatannya.
  • Bertanya tentang materi yang belum di mengerti.
5 menit
  • Memberikan rangkuman tentang tentang materi Siklus Hidrologi, bentuk-bentuk Air Permukaan dan Air Tanah serta pemanfaatannya.
  • Mendengarkan sekaligus mencatatat hal-hal penting.
3 Menit
  • Memberikan pascates
  • Mengerjakan pascatest.
5 Menit
  • Memberikan tugas individu berupa kliping tentang gambar siklus hidrologi.
  • Memperhatikan.

1 Menit
  • Mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
  • Menjawab salam.
1 Menit
E. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media Pembelajaran : - Gambar.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar