Jumat, 17 Juni 2011

Fungsi Kompetensi Sosial Guru


      1. Motivator dan Inovator dalam Pembangunan Pendidikan
                        Sebagai ilustrasi guru yang berada di desa berperan sebagai agen perubahan di masyarakat   
      berusaha  aktif dalm mencerdaskan kehidupan masyarakat desa dengan senantiasa memberikan motivasi kepada masyarakat untuk ikut serta menyukseskan program wajib belajar dan dorongan mereka untuk tetap menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi. 
2. Perintis dan Pelopor Pendidikan
     Sebagai contoh kepeloporan yang dilakukan guru dalam kegiatan penggalangan dana dari masyarakat yang mampu untuk memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi yang kurang mampu di sekolahnya, keaktifan guru sebagai tutor dib alai desa dalam menunjang program kejar Paket A dan Paket B.
3. Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pengetahua
       Sebagai seorang guru yang memiliki kemampuan dalam ilmu pengetahuan dituntut untuk senantiasa berusaha melakukan berbagai penemuan khususnya yang berkaitan dengan permasalahan pendidikan yang ada di masyarakat sehingga diharapkan dengan penemuan itu dapat dilakukan pencarian solusinya baik secara individu maupun kelembagaan.
4. Pengabdian
          Menyadari akan tuntutan yang demikian besar terhadap tanggungjawab guru dimasyarakat, maka anda sebagai salah satu ujung tombak dunia pendidikan perlu melibatkan diri dalam kegiatan di masyarakat yang relevan dengan dunia pendidikan terutam dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar